Leave a comment

Konselor Sebagai Talent Scout: Identifikasi Keberbakatan, Masalah Perkembangan Gifted, dan Kebutuhan BK

Sesungguhnya Indonesia memiliki banyak anak-anak yang tergolong memiliki kecerdasan dan bakat istimewa. Sebagaimana dinyatakan dalam Republika (15 Desember 2010) bahwa Indonesia memiliki sekitar 1,3 juta anak usia sekolah yang berpotensi Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa (CIBI) atau kerap disebut ‘gifted-talented’. Sayangnya, baru 9.500 (0,7%) anak yang sudah mendapat layanan khusus dalam bentuk program akselerasi/ percepatan.

Keberadaan anak-anak ini belum disadari sepenuhnya oleh para pendidik (guru). Jika kita mengacu pada data di atas maka kita akan menemukan keberadaan mereka dalam setiap populasi di sekolah. Anak-anak ini terkadang memang sulit untuk disadari karena potensi mereka sering tertutup oleh masalah/gangguan perilaku, keadaan social budaya, dan kondisi lain yang menyebabkan mereka menjadi sulit untuk menunjukkan kemampuan yang dimilikinya.

Sebagaimana yang sering terjadi pada kasus-kasus anak berbakat. Mereka sering dituduh sebagai anak nakal, pemalas, suka mengganggu, atau bahkan disebut anak bodoh. Sesungguhnya perilaku negative yang muncul dari anak berbakat itu lebih disebabkan oleh banyak factor, diantaranya pembelajaran yang tidak mampu mengakomodasi kemampuan dan kebutuhan belajarnya. Tentunya itu sangat merugikan.

Sangat disayangkan bila kondisi ini terus terjadi. Jika terus terjadi maka kita akan banyak kehilangan generasi unggul. Kerugian besar bagi kita jika anak-anak berbakat ini tidak dapat mengaktualisasikan potensinya. Sebaliknya, apabila mereka mampu mengaktualisasikan potensinya maka bangsa ini akan memperoleh manfaat yang besar dari hasil-hasil karya mereka. Jangan sampai terjadi lagi, banyak diantara mereka “dibajak” oleh negara lain. Contohnya dalam setiap kegiatan olimpiade sains tingkat internasional, negara-negara seperti Singapura atau Korea sering melakukan pendekatan ke peserta dari Indonesia dengan jalan “mengiming-ngiming” pekerjaan dan kesejahteraan agar anak-anak cerdas itu bersedia mengabdi pada mereka.

Teks lengkap:

Anda dapat juga membaca dan mengunduh “Konselor Sebagai Talent Scout: Identifikasi Keberbakatan, Masalah Perkembangan Gifted, dan Kebutuhan BK” dalam format pdf

About these ads

About Iim Imandala

Dapat dihubungi melalui email : iim_imandala75@yahoo.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: